Mengenai Saya

Foto saya
Seorang manusia yang sedang mencari arti dari sebuh kehidupan dan ingin berbagi cerita dan pengalaman

Selasa, 02 Oktober 2012

Atasi HomeSick bagi Mahasiswa


Apa sih homesick itu.? kalau para Maba kayak saya pasti pada ngalamin apa itu homesick. :D emang sih homesick itu gak jauh-jauh dari kehidupan para mahasiswa yang kuliah di luar kota dan jauh dari rumah.
Back to topik homesick itu sebenernya sebuah perasaan di mana kita sangat merindukan kampung halaman kita dan ingin sekali pulang kampung. Biasanya sih yang ngalami homesick itu kalangan mahasiswa yang kuliah di luar kota, orang yang sedang merantau juga orang yang sedang bekerja di luar kota.
Seringnya sih, orang mengalami homesick karena merasa kehilangan orang-orang terdekatnya yang setiap hari ditemuinya serta merasa kehilangan momen-momen tertentu. Selain itu, lingkungan baru yang berbeda dengan lingkungan lama kita di rumah membuat kita mengalami homesick.
Sebenernya Homesick itu punya efek yang positif bagi kehidupan kita yaitu kita jadi nggak melupakan kampung halaman dan kerabat-kerabat kita, sehingga kita akan terus menjaga komunikasi dengan mereka.
Selain efek positif ada efek negatifnya loh seperti kita menjadi pribadi yang lebih suka sendiri, pemurung, gelisah, terlalu mendramatisir kesedihan kita, bahkan saking hebatnya bisa-bisa menjadi penyakit.
Nah, sebelum Homesick jadi suatu "penyakit" beneran,
alangkah baiknya kita mengatasinya. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi rasa homesick bagi para mahasiswa yaitu
a. Keluarlah dari kamar kos
kamar kos adalah salah satu tempat berkembang biak dari homesick apalagi yang nggak punya temen satu kamar. Cobalah untuk keluar dari kamar ketika kalian mengalami homesick, bisa pergi bersama teman-teman sekedar membaca buku di perpustakaan ataupun pergi mencari makanan dan minuman
b. Aktiflah di kampus
Janganlah suka menjadi mahasiswa Kupu-Kupu yang kerjaannya hanya kuliah dan pulang. Carilah kegiatan kampus yang kamu senangi, ikutilah UKM  yang kamu sukai tapi jangan banyak-banyak nanti malah jadinya keteteran karena jadwalnya yang bertabrakan.
Cobalah untuk membuka diri dengan teman satu jurusan ataupun satu institut sehingga saat homesick melanda kita bisa mengajak mereka untuk sekedar saling berkunjung rumah kos ataupun mengajak mereka jalan-jalan
c. Berilah waktu untuk bersedih
tetapkan beberapa jam untuk bersedih ketika kamu sudah merasa dipuncak homesick. Setelah itu kamu harus move on lanjutkan hidupmu di kampus, kunjungi acara kampus dan adakan acara belajar bareng temen-temen kampus.
d. Tetap jaga hubungan
Jagalah hubungan kita dengan orang-orang di kampung halaman. Hubungi mereka sekali-sekali untuk menyampaikan kabar kita, ceritakanlah kehidupan barumu. Komunikasi yang konsisten akan membuat kita selalu merasa di sayangi.
e. Lakukan kunjungan
Tetapkan waktu untuk berkunjung ke kampung halaman, bisa sebulan sekali atau sekali dalam satu semester, tapi jangan sampai kunjungan itu mengganggu kuliah kita. Carilah waktu di mana kita tidak ada kegiatan di kampus seperti hari sabtu atau minggu. Hal ini untuk menjaga hubungan kita dengan mereka.Tapi jangan sampai terlalu bergantung dengan lingkungan lama kita, hal ini akan membuat kita menjadi susah beradaptasi dengan lingkungan baru.
f. Eksplor tempat baru
Ajaklah teman-teman anda yang berasal dari daerah anda kuliah. Ajak dia untuk menunjukkan tempat-tempat yang asyik di kotanya, seperti tempat favoritnya, tempat yang indah, pergi ke mall ataupun ke taman kota. Selain mengatasi homesick bisa sekalian berlibur dari rutinitas kampus.
Itu tadi beberapa tips buat para mahasisiswa seperti saya yang sedang mengalami masa-masa homesick. Ingat jangan pernah berusaha untuk menghilangkan homesick, karena homesick itu sendiri akan menjaga hubungan kita dengan orang-orang di kampung halaman.

0 komentar:

Posting Komentar